TASYAKURAN PANEN PERDANA DI KT AGRO MANDIRI SEJAHTERA

Pekanbaru- Apa yang ditanam itu yang dituai, semesta bekerja dengan caranya. Pepatah yang memiliki makna dalam dan sering ditemui diberbagai literasi terutama di buku-buku peng-unggah motivasi. Tidak berlebihan kiranya pepatah tersebut disematkan kepada salah satu kelompok tani yang berada di Kec. Tenayan Raya ini, tepatnya di KT. Agro Mandiri Sejahtera berlokasi di Jl. Badak Ujung RW 03 Kelurahan Tuah Negeri.

Sabtu pagi (08/10/2022) Kelompok Tani Agro Mandiri Sejahtera dibawah komando ketua Ir. M. Nasir mengundang Dinas Ketahanan Pangan dalam syukuran panen perdana atas stimulus bantuan saprodi kegiatan Sinkronisasi dan Koordinasi Penanganan Kerawanan Pangan yang dikucurkan Disketapang beberapa waktu yang lalu. Bak gayung bersambut, giat tersebut dihadiri Kepala Disketapang, Alek Kurniawan, SP, M.Si melalui Kepala Bidang dan Kerawanan Pangan, Ismail, S.Pi yang turut didampingi Sub Koordinator Ketersediaan Pangan Ermansyah, SE dan Sub Koordinator Konsumsi Pangan M. Ali Refki, S.Hut.

Bantuan yang telah diberikan sebelumnya kepada kelompok ini cukup beragam, diantaranya berupa bibit tanaman yang terdiri dari bibit bawang, benih cabe rawit, benih terong, jagung, pare dan timun. Selain bibit tanaman juga ada bibit Ikan lele, DOC ayam buras lengkap dengan pakannya. Lalu ada Infrastruktur pendukung diantaranya Bak Pemeliharaan Ikan Fiber, Gerobak Sorong, Rumah Bibit, kandang ayam, mulsa dan polybag.

“Iya, syukuran ini merupakan atas panen perdana pada giat stimulus banper oleh Disketapang beberapa waktu yang lalu” Ungkap Ismail di sela-sela menghadiri acara tasyakuran tersebut.

Lanjutnya, sebagaimana arahan pimpinan, Pemko Pekanbaru melalui Disketapang senantiasa mendorong Petani yang tergabung dalam kelembagaanya dapat menjadi garda terdepan dalam Program Penanganan Kerawanan Pangan di Kota Pekanbaru. Bahkan Ismail menyebutkan bahwa Kadis Ketapang hingga kini masih konsisten melakukan silaturahmi dengan semua elemen di bidang ketahanan pangan salah satunya pernah juga berkunjung ke lokasi KT. Agro Mandiri Sejahtera, saat pengucuran stimulus beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Ia mengajak masyarakat untuk berperan dalam menuntaskan satu persatu permasalahan kerawanan pangan di Kota Pekanbaru. Keseriusan Program kerja tersebut diantaranya dibuktikan dengan adanya sinergitas Disketapang Bersama stakeholder terkait lainnya salah satunya Bersama Tim Penyuluh dari Dinas Pertanian dan Perikanan kota Pekanbaru. Dalam hal ini Disketapang memotivasi semangat kelompok dengan bantuan bibit dan saprodi lainnya, penyuluh mendampingi dalam pembinaannya agar kegiatan ini berkelanjutan dan tidak berhenti begitu saja ketika bantuan tidak ada lagi kedepannya.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan yang dilantik sejak 29 November 2021 ini juga mengharapkan masyarakat seoptimal mungkin agar memanfaatkan areal-areal yang kurang produktif di daerah masing-masing untuk menggali komoditi pangan yang menghasilkan, terutama untuk komoditas cabai dan bawang merah. Hal ini menurutnya sebagai bentuk suksesi terhadap Edaran Walikota Pekanbaru Nomor 43/SE/2022 tentang Penanaman Cabai dan Bawang Merah serta Pemanfaatan Lahan Pekarangan di kota Pekanbaru.

Terkhusus Ismail berharap agar generasi muda di sekitaran KT. Agro Mandiri Sejahtera harus mampu merubah mindset tentang pertanian dan petani. Karena sektor pertanian untuk ketahanan pangan ini menjadi salah satu ujung tombak pembangunan dan potensi meningkatkan perekonomian berbasis kerakyatan kedepannya.

Dalam orasi berikutnya, Ketua KT. Agro Mandiri Sejahtera Ir. M. Nasir menyambut baik apa yang telah disampaikan Ismail, S.Pi cs dan menyebutkan bahwa mereka telah selesai melaksanakan salah satu program yang diusung Disketapang Pekanbaru beberapa waktu lalu lewat pengucuran bantuan saprodi ke kelompok mereka.

“Alhamdulillah, kondisi saat ini sudah bisa panen ayam pedaging yang sudah sangat layak juga untuk dipasarkan” ungkap Nasir

Sebagai bentuk syukur, mereka juga ikut mengundang  anak-anak tahfiz Qur’an Dahrut Tauhid sebagai bentuk kepedulian dan berbagi dengan anak-anak qur’ani untuk mendapatkan keberkahan dari apa yang telah dipanen.

“Pak Ismail, mohon disampaikan ucapan terimakasih kami kepada Bapak Alek Kurniawan, mudah-mudahan kami dapat tumbuh kembang menjadi kelompok berdikari (mandiri) sesuai nama kami sendiri dan harapan beliau kepada kami, waktu itu” pungkasnya.

Bagikan :

   

Disketapang
Alamat :

GEDUNG B5 (LIMAS) 
KOMPLEK PERKANTORAN TENAYAN RAYA 
Jl. Abdul Rahman Hamid Kel. Tuah Negeri Kec. Tenayan Raya


No Telp : 076140516