Konsisten Gerakkan Ketahanan Pangan mulai dari Keluarga, Disketapang Sambangi 2 KWT di Kecamatan Lima Puluh

Pekanbaru- Peran perempuan dalam ketahanan pangan sangatlah menentukan karena ditangannyalah pangan itu disediakan dan diolah sehingga tersaji di meja makan keluarga. Bahkan boleh dikatakan Perempuan sebagai tiang dalam rumah tangga yang 'telaten' dan sangat bertanggung jawab dalam urusan 'sumatera tengah'nya keluarga (urusan perut.red). Memandang strategisnya peran kaum hawa tersebut, makin kesini Disketapang Pekanbaru juga mendorong individu perempuan berpatisipasi aktif sebagai bagian penting dalam pemanfaatan pekarangan rumah melalui penanaman aneka ragam tanaman pangan.

Hal tersebut diungkapkan Kadis Ketapang Alek Kurniawan saat menyambangi Kecamatan Lima Puluh dalam lanjutan kegiatan Penyaluran Bantuan Ketahanan Pangan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada 2 Kelompok Wanita Tani (KWT) yaitu KWT Mekar Sari dan KWT Kembang Sekuntum pada Selasa Pagi (11/10) dengan bantuan yang diserahkan berupa bibit tanaman yang terdiri dari bibit bawang, Cabe rawit, seledri, pare, kangkung, bunga kol, sayur kol,kacang panjang, selada, sawi, timun dan tomat. Untuk bibit bibit ternak berupa Ikan lele lengkap dengan pakannya. Lalu ada Infrastruktur pendukung lainya yaitu tanah hitam, pupuk, mulsa dan polybag.

"Peran emak-emak ni, sangatlah penting untuk mendorong hadirnya ketahanan pangan keluarga” ungkap kadis AKur, sebutan termutakhir yang sering disematkan kepada Alek Kurniawan belakangan ini.

Kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Pesisir Lima Puluh tersebut, Kepala Disketapang ikut didampingi Pejabat Pemerintahan terdepan setempat dari Lurah Pesisir Lima Puluh, RT/RW dan skuad Disketapang dari Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan. 

Ketua Ikatan Keluarga Almuni (IKA) Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) Pengurus Derah Riau ini menyebutkan bahwa P2L adalah kegiatan pertanian yang memanfaatkan lahan terbatas untuk peningkatan ketahanan pangan di tingkat keluarga dan mendorong terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal.  Selain itu P2L juga diarahkan untuk berorientasi pasar dalam rangka meningkatan pendapatan ekonomi keluarga. 

Bahkan eks. Sekretaris DPRD Pekanbaru ini menekankan kembali bahwa Pemerintah kota Pekanbaru melalui Disketapang menyalurkan bantuan berupa bibit tanaman, bibit ternak dan infrastruktur pendukung lainnya hanya sebagai bentuk stimulus kepada masyarakat dengan harapan terciptanya kemandirian pangan di tingkat rumah tangga.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa Program P2L juga didorong menjadi media motivasi dan percontohan bagi masyarakat kota Pekanbaru untuk suksesi Edaran Walikota Pekanbaru tentang Gerakan ajakan pemanfaatan pekarangan yang tertulis dalam Surat Edaran bernomor 43/SE/2022 pertanggal 7 September 2022 tentang Penanaman Cabai dan Bawang Merah serta Pemanfaatan Lahan Pekerangan. 

Selain partisipasi aktif di kelompok masing-masing, diapun berharap kegiatan P2L ini dapat mempengaruhi masyarakat sehingga tumbuh minat bercocok tanam tanaman pangan di rumah masing-masing terutama untuk komoditas cabai dan bawang. 

Terlebih menurutnya Bapak Pj. Walikota Muflihun, S.STP, M.AP sangat concern terkait optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan tersebut.

“Sebagai upaya serius turut serta dalam penanganan inflasi di kota Pekanbaru, Bapak Pj. Walikota telah memerintahkan kami untuk menyukseskan Edaran beliau tentang Gerakan ajakan pemanfaatan pekarangan dengan menanam cabai dan bawang” pungkasnya.

Bagikan :

   

Disketapang
Alamat :

GEDUNG B5 (LIMAS) 
KOMPLEK PERKANTORAN TENAYAN RAYA 
Jl. Abdul Rahman Hamid Kel. Tuah Negeri Kec. Tenayan Raya


No Telp : 076140516