Kadis Akur Apresiasi Rencana KWT Okranusa untuk Budidaya Tanaman Okra di Pekanbaru

Pekanbaru- Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Pekanbaru pada Selasa Pagi (04/10) menghadiri undangan salah satu pegiat pangan dalam  giat penanaman dan pemanenan tanaman Okra. Undangan tersebut datang dari salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) baru yang bernama KWT Okranusa. Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan tanaman okra. Padahal, ada banyak manfaat okra yang sayang untuk dilewatkan. Di balik teksturnya yang berlendir, okra menyimpan segudang nutrisi yang dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitulah informasi yang dilontarkan anggota KWT Okranusa saat ditemui Kadis Ketapang, Bapak Alek Kurniawan, SP, M.Si di lokasi penanaman, di RW 29 Kelurahan Sialang Munggu kecamatan Tuah Madani Pekanbaru. Giat tersebut turut dihadiri pejabat administrator dilingkungan Disketapang, Ketua KWT dan Anggota beserta pejabat pemerintahan terdepan diantaranya Lurah Fitriyanti, Ketua RW, Ketua RT dan tomas setempat.

Alasan emak-emak tangguh yang tergabung dalam KWT Okranusa membudidayakan tanaman ini karena selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bibit buah okra mudah didapat dan selain itu tidak banyak petani sayur yang menanam jenis sayuran ini khususnya di Kota Pekanbaru. Harga jual yang tinggi dan peminat yang cukup banyak juga menjadi alasan tersendiri bagi Ibu Ibu KWT ini.

Kadis Akur (nama beken Kadis Ketapang yang sering disematkan kepadanya belakangan ini) didampingi Sekretarisnya T. Ahmed Reza Fahlevi, S.AP, M.Si dan Kabid Ketersediaan & Kerawanan Pangan Ismail, S.Pi cs sangat mendukung penuh dan mengapresiasi yang dilakukan emak-emak ini. Bahkan ia menyebutkan, Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lama di negeri tercinta, nyatanya tak menghentikan asa dan harapan sebagian warga Kota bertuah melalui KWT. Okranusa untuk berkreasi, berinovasi, dan mencari terobosan baru, bukan saja untuk menyemangati hidup harus penuh optimis, tetapi juga berusaha produktif untuk bisa menghasilkan “cuan” atau keuntungan lewat okra.

“Kita dukung penuh dan apresiasi kawan-kawan dari KWT. Okranusa ini, kita siap fasilitasi yang menjadi kewenangan Disketapang” ujar Kadis Akur saat memberikan arahan dalam acara penanaman tersebut.

Dirinya juga mendorong emak-emak yang tergabung dalam kelembagaanya dapat menjadi garda terdepan dalam budidaya okra di Pekanbaru. Apresiasi Ketua ISSI Pekanbaru ini bukan tanpa alasan, karena menurutnya mereka (KWT. Okranusa) berusaha memanfaatkan lahan sekitar permukiman yang sebetulnya tidak terlalu luas untuk menanam tanaman bermanfaat dan bernilai jual tinggi guna mendongkrak perekonomian warga sekitar. Mereka memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah dan menyulapnya menjadi lahan budi daya tanaman okra. Keseriusan Pemko Pekanbaru menurutnya, akan direncanakan usulan lokasi KWT. Okranusa kepada Pj. Walikota sebagai kampung okra Pekanbaru.

“Kita akan dorong dan usulkan kepada Bapak Pj. Walikota, menjadikan lokasi ini sebagai kampung Okra di Pekanbaru“ tegas Akur.

Tak sampai disitu, Eks. Sekretaris DPRD Pekanbaru ini menuturkan bahwa Disketapang dibawah naungannya secara konsisten aktif dalam  Pembangunan Ketahanan Pangan terutama optimalisasi kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat semacam ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KWT-pun menyatakan kesiapannya untuk mengoptimalkan budidaya okra ini di pemukiman sekitar.

“Kami sangat bersyukur dengan kunjungan Kadis Ketapang dan tim pada hari ini, kami merasa diperhatikan dan kami akan lebih berusaha dan belajar lagi untuk optimalisasi budidaya okra dan kami mohon difasilitasi oleh Pemerintah lewat program-program strategis yang ada di kota Pekanbaru ini” harapnya.

Bagikan :

   

Disketapang
Alamat :

GEDUNG B5 (LIMAS) 
KOMPLEK PERKANTORAN TENAYAN RAYA 
Jl. Abdul Rahman Hamid Kel. Tuah Negeri Kec. Tenayan Raya


No Telp : 076140516